Saturday 11 June 2016

Pernak Pernik Puasa di Negeri Baijan

Selalu ada yang special di bulan Ramadhan. Ini untuk ketiga kalinya saya berpuasa di  negeri para bhaijan. Meskipun puasa di Pakistan, tapi saya memulai bulan Ramadhah sehari lebih cepat dibanding penduduk negeri. sama seperti Indonesia Iya, dua kali puasa selalu begitu. kelewat semangat kali ya? Pakistan selalu terlambat satu hari dibanding Indonesia atau Saudi dan negera mayoritas Islam lainnya.  Alasannya, yah banyak. Nanti kita bahas di tema yang lain. Pokoknya karena saya bla bla..... 

Ngomongin soal puasa tentunya tidak terlepas dari tema tarwih, benar gak? Kalo masalah tarwih sih, sudah pasti muslim Indonesia jagonya. Pokoknya hari pertama tarwih wuiiihh ramenya luar bisa. Dari yang muda sampe yang tua bahkan jempo sekalipun tarut hadir. Laki perempuan gak mau ketinggalan (kalau mereka ketinggalan trus siapa yang ke mesjid?). Petani, pejabat, rakyat biasa pemerintah kumpul dalam satu mesjid untuk tarwih. Bisa tumpah ruah tuh jamaah hingga ke halaman mesjid, parkiran bahkan jalanan tapi hari-hari pertama aja, hari-hari berikutnya gak jamin. Pisss Saking ramenya sampai-sampai banyak mesjid yang gak mampu nampung jamaahnya. Tapi setelah cek percek. ternyata dalam mesjid melompong. Jamaahnya pada ngobrol di luar. Apalagi menjelang lebaran. Konon katanya barisan jamaah makin menujukan “kemajuan”. Shof jamaah makin maju kedepan. Yang tersisa hanya orang-orang tua. Ibu-ibu pada sibuk nyiapin kue lebaran hingga gak bisa tarwian lagi. Anak mudanya sibuk hunting pakaian lebaran. Tapi, semoga ini gak benar dan hanya omongan orang-orang tentang jamaah tarwih  di Indonesia. Di negeri tercintaku. Kalo bener itu sebuah fakta, wal iyazu billah. 

Nah, bagaimana dengan tarwih di Pakistan Zindhebad? Di Pakistan juga ada tarwih tapi tidak serame Indonesia. Kan sudah saya bilang, masalah tarwih Indonesia jagonya. Kebanyakan yang ikut tarwih di Pakistan hanya kaum Adam. lha kaum hawanya pada kemana? Tinggal dirumah, buat kue juga? Wah itu saya gak tahu mas. Gak sempat ngecek kerumah-rumah sih. Bolelah suatu saat kita ngecek bareng-bareng. Kerena  kaum hawa gak pada ke mesjid makanya yang kelihatan di mesjid, ya cuma laki-laki (iya iyalah). Kalo pun ada perempuan paling anak kecil yang ikut ayahnya.

Tapi ini gak berarti berlaku di semua mesjid. Ada beberapa mesjid yang biasanya bisa dihadiri oleh kaum ibu-ibu, wanita, cewek untuk sholat tarwih. Salah satunya mesjid Faishol. Mesjid terbesar di Pakistan. Tapi jumlahnya sangat sedikit. Pokoknya, gak serame Indonesia deh. Saya berani jamin tapi gak berani taruhan.  Suatu ketika saya nanya ke salah seorang teman “kok, perempuan yang ikut tarwih dikit banget?” kata teman “ yaa, emang gitu budaya disini. Perempuan gak boleh bebas kemana-mana tanpa izin suami. Termasuk ke mesjid” akupun hanya ber ooooohh ria. Artinya, kaum hawa jika hendak keluar harus selalu dikawal oleh bodyguardnya. Beruntung banget wanita-wanita itu.

Terlepas dari permasalahan tarwih tadi, salah satu keunggulan Pakistan adalah termasuk Negara yang paling mudah nyari penghafal Quran. Nih dia spesilanya Pakistan. Penghafal Quarannya bertebaran dimana-mana. Hampir di setiap mesjid ada penghafal Quran. Jadi kalau mereka mau ngadain tarwaih satu Juz permalam musykil nehi alias no problem. Terus, Hafiznya bukan hanya satu orang. Dua orang atau lebih. selalu ada serepnya.  Ditambah lagi, hampir setiap mesjid di Pakistan membina madrasah khusus penghafal Quran. So, the best deh Pakistan untuk masalah Hafalan Quran. Setiap hari selalu lahir hafiz-hafiz cilik dari rahim madrasah sederhana yang tersebar dihampir setiap mesjid. Kapan ya Indonesia bisa seperti ini?

Tema kedua yang gak boleh dipisahkan dari bulan Ramadhan ialah ngabuburit alias hunting menu ta’jil. Di Pakistan jangan pernah berharap bisa dapat es cendol, es buah, pisang Ijo, pisang epe, pisang ambon, pisang goreng, manis pisan hehe buat buka puasa. Apalagi kolak, pallu butung pokoknya apa aja deh yang berabu makan khas Indonesia. Kalo mau ya buat sendiri atau numpang buka puasa di KBRI pasti dapat. based on true story, Hehe.

Menunggu waktu buka puasa di Negeri pecahan India ini lumayan lama bila dibandingkan dengan Indonesia. Enam belas jam. Dari jam 03.30 sampai 19.30. parahnya lagi jika bulan puasa tepat di puncak musim panas. Kalau bukan karena taat aturan Allah udah pada buka puasa tuh orang-orang. Tapi ini sih katanya gak seberapa. Menurut bisik-bisik tetangga, Rusia lebih panjang lagi. Dua puluh jam, di Swedia dua puluh satu jam lamanya. Artinya antara buka puasa dan  sahur hanya empat atau tiga jam. Luar biasa kan. Bener-bener sebuah ujian Iman.

Berbuka puasa di Pakistan menurut saya juga sangat sederhana. Menunya gak muluk-muluk. padahal mereka sudah puasa selama enam belas jam lho Paling kurma, buah buahan,  pakora, dan samosa  minumnya air dingin, sirup dingin, sudah special kalau ada lessi (fermentasi susu.) Inilah menu buka puasa paling mayshur di bumi Ali Jinnah. sederhana banget kan?. katanya sih, buka puasa itu gak perlu macam-macam. Gak perlu nyediain semua menu yang enak-enak trus lupa zikir, gak sempat doa, telat jamaah Magrib dan gak ikut tarwih. Kalau kayak gitu bukan buka puasa namanya. Tapi balas dendam gara-gara seharian gak makan. 
 
Orang Pakistan biasanya kalau sudah menjelang buka puasa bawaannya serius. Kala sudah siap-siap berbuka gak mau diganggu. Saya beberapa kali dicuekin penjaga toko gara-gara mau belanja di waktu menjelang berbuka puasa. Nih pengalaman saya dengan seorang teman saat hendak membeli es soda. Saat itu penjualnya sudah duduk di depan hidagan ta’jil.  Berkali-kali saya manggil dia tapi tak pernah digubris. Jangankan dilayani di lirik pun gak.  Padahal waktu itu saya  belanjanya juga untuk buka puasa. Akhirnya dengan muka “terlipat-lipat” karena dongkol kami meninggalkan grobak es soda tersebut sambil menghujat gak karuan. Sakit hati dicuekin. Akibat kejadian itu buka puasa kami telat. Kejadian ini mengingatkan candaan teman-teman. dua waktu yang tidak boleh menggangu orang Pakistan. Saat menerima telepon dan saat di depan makanan.

No comments:

Post a Comment